Soto Kirana Solo

Solo, Jl. Moh. Yamin 69 B, Surakarta

Description

“Berakit – rakit ke hulu, berenang ke tepian, bersakit dahulu senang pun kan datang” adalah ungkapan manis yang menggambarkan perjalanan panjang Rumah Makan Soto Kirana yang berjuang dari tahun ke tahun melewati berbagai era, mulai dari era pra reformasi (orde baru), hingga era reformasi sekarang ini.

Adalah keluarga dari Ibu Siti Kirana. Kirana adalah anak pertama dari keluarga ibu dan ayahnya, kemudian dinamakan lah dengan Soto Kirana. Berawal dari sang ayah yang kena PHK dari perusahaannya yang tutup usaha di tahun 1982, kemudian beliau bersama sang ibu memutuskan untuk mendirikan warung makan dengan menu special khas soto nya. Pada saat itu menu makanan soto tidak sebanyak di jaman sekarang ini. Saat itulah masa – masa sulit dimana harga-harga sangatlah mahal, termasuk bawang putih. Sebuah ide inovasi yang ingin beliau kembangkan, dari satu porsi soto dengan memakai bawang putih goreng, yang biasa soto lain memakai  dengan menggunakan bawang merah (brambang) goreng .

Soto Kirana semakin berkembang dan di gemari di berbagai kalangan dan etnis.

Sejak saat itulah banyak dari kalangan dan berbagai etnis menyukai cita rasa dari masakan khas dari soto kirana. Banyak yang menjadi langganan tetap di warung makan ini, mulai dari orang tua yang mengajak anak dan kemudian mengajak rekan dan ibu nya, sampai anak ini menjadi orang tua dan punya anak, berkelanjutan sampai sekarang.

Mulai tahun 1987 warung ini pindah di depan SMA Sidokare dari sebelumnya 2 meja menjadi 5 meja, yang kemudian pelanggan semakin bertambah. Tahun 1996 sang ibu mulai sakit-sakitan dan kemudian di tahun 1997 usaha diteruskan oleh Bu Siti Kirana ketika itu berumur 21 tahun, yang dipercaya sang ayah dikarenakan sudah mengetahui celuk beluk dan dari kecil sudah dibiasakan tentang perjuangan dan kerja keras. Dan mulai tahun itu pula menu makanan dari semula hanya soto ditambah menjadi aneka hidangan yang tak kalah lezat nya yakni, tumpang telor, pecel telor, gudangan dan asem-asem kikil, itu semua karena permintaan pelanggan dan penggemar kuliner yang ingin menikmati hidangan lain selain soto spesial Bu Kirana. Selain kelezatan hidangan, lauk pauk nya pun dihidangkan dengan higenis dan dijamin kehalalannya.

Opening Hours

Monday
06.00 – 15.00
Tuesday
06.00 – 15.00
Wednesday
06.00 – 15.00
Thursday
06.00 – 15.00
Friday
06.00 – 15.00
Saturday
06.00 – 15.00
Sunday
06.00 – 15.00

Features

  • Places to seat

Reviews

Write a review
Over Rating

Write a Review