|   ,  
Space Available, contact us: iklan@jajanhalal.com
Selamat Datang di Media Kuliner dan Jajanan Halal No 1 di Indonesia. Tingkatkan Branding dan Pemasaran Produk Halal Anda Bersama Kami

Sejarah masakan indonesia

Diposting pada hari: Senin, 06 Mei 2013 | 07:54:17 WIB
oleh: Marina artiyasa
Dibaca: 427 kali
Mungkin sejarah masakan indonesia dimulai pada masa dimulainya perdagangan dunia oleh karena lokasi dan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Memang Indonesia yang memiliki ribuan pulau memiliki berbagai macam suku dimana setiap suku memiliki ciri khas masakan regional, namun dengan datangnya para pedagang seperti India, China, Arab bahkan dari Eropa telah mengalami perkembangan dan terpengaruh oleh kedatangan asing tersebut.

Sebut saja masakan Sumatera misalnya telah menampilkan pengaruh Timur Tengah dan India, seperti penggunaan bumbu kari pada hidangan daging dan sayurannya.

Contoh yang lain lagi adalah seperti bakso, bakmi, lumpia, mi pangsit telah terkesan menjadi masakan Indonesia, pada hal di sana ada unsur budaya masakan China.

Beberapa jenis hidangan asli Indonesia juga kini dapat ditemukan di beberapa negara Asia. Masakan Indonesia populer seperti sate, rendang, dan sambal juga digemari di Malaysia dan Singapura. Bahan makanan berbahan dasar dari kedelai seperti variasi tahu dan tempe, juga sangat populer. Tempe dianggap sebagai penemuan asli Jawa, adaptasi lokal dari fermentasi kedelai. Jenis lainnya dari makanan fermentasi kedelai adalah oncom, mirip dengan tempe tapi menggunakan jenis jamur yang berbeda, oncom sangat populer di Jawa Barat.

Untuk bumbu-bumbu juga indonesia sangatlah kaya, terbukti kalau kita merasakan masakan padang, atau makanan makasar dan lainnya maka kita akan merasakan berbagai bumbu seperti jinten, bawang merah, bawang putih, ketumbar, pala, cabe , lengkuas, jahe, kunyit, santan, dan banyak lagi yang menjadikan masakan indonesia lebih berasa dan bisa bersaing dengan masakan dari negara lain.

Hal ini terbukti karena di negara lain pun banyak restoran masakan indonesia dan terbukti cukup laku.

Berbagai variasi makanan yang dihidangkan membuat indonesia kaya rasa, misalnya ayam bisa dimasak berbagai macam, di opor, digoreng, dipepes, dibakar, belum bumbu lainnya, jadi tak ada habis-habisnya.

Minuman juga indonesia tak kalah dengan negara lain, misalnya cendol yang terdiri dari  santan , gula merah yang dicairkan, dan tepung beras yang dibentuk , rasanya gurih manis ditambah dingin , belum lagi yang khas es makasar yaitu pisang hijo,  yang dibuat dari pisang kepok, santan , dibalut dengan tepung beras, daun pandan dan bentuknya yang unik  yang kalau siang-siang bisa membuat kita merasa segar karena es serut dan gurihnya itu, dan banyak lagi .

tumis

Kalau JH memilih salad indonesia alias karedok yang terdiri dari berbagai sayuran dan bumbu kacang, rasanya segar dan menyehatkan.

Pokoknya indonesia kaya masakan, jadi bangga lah dengan masakan indonesia 

Demikian sekilas Sejarah Masakan Indonesia yang bisa kita cermati, semoga berguna